Rabu, 08 Februari 2012

LAGU DAERAH KURANG MENDAPAT APRESIASI DARI PEMPROV




KESENIAN DAERAH masih sangat rentan posisinya untuk bersaing dengan kesenian nusantara dan asing sehingga perlu suatu pembelaan untuk melindungi eksistensinya di tengah arus globalisasi yang semakin mempersempit ruang gerak kesenian daerah khususnya di kalimantan Barat.
Meskipun bukan usaha yang mudah, namun menurut saya, kesenian daerah memang sangat membutuhkan pembelaan dari pihak-pihak terkait. Hal itu juga harus diletakkan dalam target utama setiap program yang akan dilakukan terutama Pemerintah Daerah umumnya dan Dinas Pariwisata khususnya.

"Kesenian daerah perlu diberi ruang gerak yang luas dalam penyajiannya agar dapat leluasa dalam berekspresi untuk menciptakan keindahan seni dan lagu – lagu daerah khususnya lagu Dayak, demi menarik perhatian konsumen ada peran Pemda setempat untuk mempromosikan lagu-lagu daerahnya masing. Dari tahun ke tahun lagu-lagu daerah khususnya lagu dayak sudah banyak ini ditandai dengan berdirinya beberapa studio-studio yang sudah banyak membuat rekaman dengan penyayi-penyayi yang berbakat. Ada beberapa Studio yang sudah eksis antara lain : Kakondan Studio Ngabang, MBM Studio Balai Karang dan Kabanan Singgayong Ketapang dll

Menurut Pegamatan saya, kesenian daerah semakin jauh diminati konsumen (orang dayak), jika dibanding dengan kesenian-kesenian Nasional dan asing. saya mencontohkan banyaknya nonton sinetron ketimbang membatu saudara yang sedang melaksanakan ritual budaya , lebih banyak membeli VCD lagu-lagu Nusantara ketimbang membeli Lagu-lagu Daerahnya serta tayangan-tayangan lain di media yang jauh dari budaya masyarakat Dayak itu sendiri. Masyarakat Dayak untuk sekarang ini mulai perlahan-lahan melupakan adat istiadat daerahnya sendiri, mulai dari bentuk permainan asli daerah sampai pada ritual-ritual budaya itu sendiri, celakanya lagi, lagu daerah sendiri di BAJAK oleh oknum yang tidak menghargai karya orang lain.

Industri budaya perlu diarahkan secara tegas dan serius untuk menangani proyek-proyek kesenian daerah agar mampu "menjual" seni tradisional dan semakin digemari masyarakat. Hal yang tidak kalah penting, adalah berkaitan dengan penyebaran informasi tentang kelebihan kesenian daerah terhadap konsumen.

"Pengenalan terhadap berbagai ragam seni daerah harus disebarluaskan jangan hanya di satu tempat yaitu asal kesenian itu muncul, tapi juga di seluruh penjuru tanah air agar masyarakat dapat lebih mengenal seni-seni budaya yang ada di seluruh negeri. JAYA LAGU-LAGU DAERAH KALIMANTAN BARAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik, adalah komentar yang membangun wawasan, dan beretika